Xiaomi USB Driver

Xiaomi USB Driver – Satu hal sederhana, tapi sulit dilakukan oleh banyak orang: menyambungkan ponsel dengan PC. Kalau hanya bermodal kabel USB saja, begitu disambungkan HP akan melakukan charging.

Padahal, kamu ingin melakukan pemindahan data, dari dan ke ponsel. Permasalahan ini dialami oleh hampir semua pengguna ponsel, termasuk Xiaomi.

Untuk menyelesaikannya, kamu harus menggunakan driver yang jadi jembatan. Salah satu yang bisa dipakai untuk menyambungkannya adalah Xiaomi USB Driver.

Biasanya, setiap ponsel memiliki driver yang berbeda. Sebelum memasang, pastikan driver yang sudah diunduh benar. Kalau tidak, akan terjadi beberapa masalah. Saat USB disambungkan, hanya akan terjadi charging.

Permasalahan Koneksi Ponsel ke PC

Permasalahan-Koneksi-Ponsel-ke-PC

Koneksi antara PC ke ponsel sebenarnya sulit dilakukan. Kalau kamu pernah menggunakan ponsel lain, pasti tahu PC Suite. Sayangnya, ponsel zaman sekarang tidak dibeli driver.

Berbeda dengan ponsel dulu, semisal Nokia yang memberikan CD driver. Alternatif dari permasalahan ini, memakai aplikasi sharing. Kamu bisa mengunduh di Play Store. Setelah terbuka, PC dan ponsel harus disambungkan ke jaringan yang sama.

Sayangnya, cara ini kerap sekali gagal. Apalagi tidak ada jaringan untuk dipakai bersama. Untunglah ada driver yang dikeluarkan oleh beberapa pabrikan, termasuk Xiaomi.

Baca Juga : Mi PC Suite

Dengan menggunakan driver ini, sambungan bisa dilakukan. Kamu hanya perlu mengunduh driver yang sesuai, misal untuk ponsel Xiaomi Redmi Note 8.

Setelah pemasangan dilakukan, memakai cara yang akan dibahas di bawah, koneksi akan berjalan lancar.

Begitu tersambung, ponsel seperti USB yang bisa dipakai untuk transfer data. Kamu bisa memindah data dari ponsel ke PC atau sebaliknya.

Kelebihan Xiaomi USB Driver

1. Melakukan Koneksi Otomatis

Melakukan-Koneksi-Otomatis

Setelah driver dari Xiaomi terpasang pada PC, sambungan akan berjalan otomatis. Begitu kamu melakukan sambungan USB, PC akan melakukan deteksi.

Kamu bisa masuk ke dalam drive milik ponsel, lalu melakukan modifikasi. Misal memindah atau menyalin data.

Koneksi otomatis yang terjadi sudah seperti flash disk. Artinya, tidak perlu menunggu atau ada proses penyambungan. Jadi, kapan saja dibutuhkan, tidak melakukan penyambungan saja.

Pastikan menggunakan kabel USB yang sudah mendukung port Xiaomi, ya. Selain koneksi yang otomatis, kamu juga bisa melakukan transfer dengan cepat. Memindah data besar sekali pun, bisa berjalan dalam hitungan detik.

2. Melakukan Custom ROM

Melakukan-Custom-ROM

Ponsel Xiaomi yang dipakai umumnya menggunakan ROM bawaan. ROM akan melakukan update seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, pada beberapa orang, ROM versi orisinal agak membosankan. Akhirnya, mereka memakai Custom ROM.

ROM versi modifikasi umumnya memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya, kecepatan akses dan meminimalkan bug.

Kamu bisa memasang ROM modifikasi, setelah memasang driver. Cukup sediakan ROM yang dibutuhkan. Selanjutnya, ikuti proses sesuai dengan tutorial.

Perlu diingat, ROM modifikasi tidak sama dengan asli. Kalau ponselmu masih garansi, jangan dilakukan. Xiaomi akan menganggap garansi kamu rusak. Apalagi sampai mengganti firmware yang berbeda dengan versi aslinya.

Baca Juga : ROM Redmi Note 3

3. Melakukan Flash pada HP

Melakukan-Flash-pada-HP

Masalah yang dialami pengguna ponsel Xiaomi ada banyak. Salah satunya adalah ponsel yang lag, mati total, dan gagal booting. Kalau kamu masih bisa melakukan reboot, ponsel masih bisa dipakai.

Namun, kalau tidak bisa diapa-apakan, proses flash harus dilakukan. Ponsel yang di-flash, umumnya akan hilang semua data di dalamnya. Permasalahan bisa diatasi dengan mudah.

Terpenting dari semua, ponsel bisa menyala dan bisa digunakan lagi. Prosesnya tidak lama, tapi hasil yang didapatkan akan maksimal.

Menggunakan USB driver, akan memudahkan kamu dalam melakukan flash. Jadi, tidak perlu ke tukang servis dan keluar ratusan ribu. Tutorial flash ponsel Xiaomi, bisa kamu dapatkan di Youtube.

4. Memasang Stock ROM

Memasang-Stock-ROM

Terkadang melakukan flash saja tidak cukup. Ponsel masih sering mengalami masalah. Kondisi ini muncul karena firmware mengalami kerusakan.

Cara terbaik mengatasi kasus ini adalah memasang Stock ROM. Caranya, sama dengan Custom ROM. Perbedaan antara versi custom dan stock adalah sumbernya. Kalau kamu menggunakan versi stock, download dilakukan pada website Xiaomi.

Artinya, ROM resmi dan tidak akan merusak garansi. Kamu bisa memasangnya seperti biasa, agar ponsel bisa digunakan kembali.

Xiaomi menyediakan ROM gratis untuk masing-masing ponsel. Kamu bisa menyimpan stock dari ROM di PC atau flash disk. Jadi, kapan saja ponsel ada gangguan firmware, bisa dilakukan penggantian dengan mudah.

5. Melakukan Perawatan Ponsel

Melakukan-Perawatan-Ponsel

Perawatan ponsel harus dilakukan secara rutin, khususnya Xiaomi. Mengapa demikian? Karena ponsel ini kerap penuh memori internalnya. Banyak kotoran dari aplikasi dan browser. Kalau tidak dibersihkan, ponsel akan mengalami lemot.

Kamu bisa melakukan pembersihan, dengan menyambungkannya ke PC. Selanjutnya, lakukan backup data penting. Begitu selesai, segera bersihkan dan lakukan perawatan sampai selesai.

Baca Juga : AZ Screen Recorder Pro

Cara Memasang Driver Xiaomi ke PC

1. Pemasangan Xiaomi USB Driver Secara Otomatis

Pemasangan otomatis membutuhkan ADB Driver Installer. Perangkat lunak ini, berfungsi untuk menjembatani PC dengan HP. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk memasang.

  • Usahakan menggunakan PC Windows terbaru, minimal Windows 7.
  • Siapkan USB yang berkualitas dan cocok untuk PC dan ponsel.
  • Unduh ADB Driver Installer, kamu bisa mencarinya di internet.
Pemasangan-Otomatis
  • Setelah terunduh, kamu bisa segera memasangnya dengan Run as Administrator.
  • Sambungkan ponsel Xiaomi dengan PC, saat proses berjalan.
  • Proses instalasi umumnya berjalan cepat. Kamu hanya perlu melakukan Next atau OK sampai selesai.
  • Sebelum dipakai, cek apakah driver sudah terunduh sempurna. Caranya masuk ke Device Manager. Kalau sudah terpasang, tulisan “Android Composite ADB Interface” akan muncul.
Android-Composite-ADB-Interface
  • Pemasangan selesai dan ponsel bisa segera disambungkan.

2. Pemasangan Xiaomi USB Driver Secara Manual

Pemasangan manual dilakukan, kalau cara di atas gagal. Namun, umumnya cara pertama saja sudah bisa digunakan untuk menyambungkan PC dan HP. Untuk cara manual, simak langkahnya.

  • Unduh driver dari ponsel. Kamu bisa cari sesuai seri.
  • Sambungan PC dan HP dengan USB.
  • Masuk ke Device Manager, pilih user komputer, add legacy hardware, lalu next.
add-legacy-hardware
  • Pilih “Install the hardware that I manually select from a list (Advanced)”, lalu next.
Install-the-hardware-that-I-manually-select-from-a-list-Advanced
  • Pilih “Have Disk”, cari driver yang sudah diunduh. Ekstrak file itu, lalu pilih android_winusb.inf untuk dibuka.
android_winusb.inf
  • Pilih Android ADB Interface, next dan lanjutkan pemasangan.
  • Apabila berhasil, pada Device Manager akan muncul tulisan Android Device. Kalau gagal, kamu harus mengulanginya lagi. Pastikan lagi driver yang dipasang, apakah sudah sesuai dengan serinya atau tidak.
Pilih-Android-ADB-Interface
  • Setelah proses ini selesai, proses sambungan bisa dilakukan. Ponsel yang tersambung ke PC akan langsung dideteksi.

Secara umum, kita bisa membuat kesimpulan kalau Xiaomi USB Driver merupakan alat yang powerfull. Berbagai hal bisa dilakukan, mulai dari memindah data, melakukan backup, dan proses pemasangan APK.

Baca Juga : Rom Redmi 4X

Semua bisa dilakukan, dalam beberapa langkah saja. Apabila saat ini, kamu menggunakan ponsel Xiaomi. Ada baiknya untuk menggunakan driver ini.

Saat ponsel penuh, butuh memindah data penting, dan lainnya. Kamu hanya tinggal sambungkan saja. Prosesnya juga cenderung cepat, serta tanpa hambatan sama sekali.

You might also like