Whatsapp Web

Perkembangan teknologi pengiriman pesan membuat banyak orang mudah untuk mengirimkan pesan kepada siapa saja terlepas lokasi dan waktu yang berbeda. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan yaitu Whatsapp Web.

Kehadiran Whatsapp dalam dunia pengiriman pesan membuatnya menjadi salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna di dunia. Tercatat sebanyak 700 juta lebih pengguna WA di seluruh dunia dikarenakan fitur yang dimilikinya.

Review Whatsapp Web

Review-Whatsapp-Web

Whatsapp atau yang biasa dikenal oleh banyak orang sebagai WA adalah satu dari banyak sosial media yang telah memiliki banyak pengguna. WA merupakan sosial media yang berfokus pada pengiriman pesan dan berkas melalui fitur chat.

Selain kemudahan dalam pengiriman berkas, WA juga memiliki beberapa fitur baru seperti Whatsapp Live Location yang dapat memberikan informasi lokasimu secara real time agar akurasi lokasi yang telah kamu tentukan menjadi lebih tinggi.

Salah satu fitur WA yang baru diluncurkan bernama WA Web. Seperti namanya, Whatsapp dapat dibuka secara langsung pada browser yang kamu punya di PC tanpa harus mengunduh aplikasi WA terlebih dahulu.

Kemudahan login pada akun kamu menjadi kelebihan Whatsapp versi web. Untuk masuk ke dalam akun WA versi web, kamu cukup melakukan pemindaian barcode yang telah ditampilkan.

Secara otomatis, kamu akan masuk ke dalam akun Whatsappmu. Namun terdapat beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh WA versi web, terutama selama Whatsapp versi web berjalan.

Whatsapp versi web tidak dapat berjalan jika aplikasi WA di ponsel yang kamu miliki tidak aktif sehingga kamu tidak bisa mengirim atau menerima pesan seperti biasa.

Baca Juga : WhatsApp Mod

Perbedaan WA HP dan WA versi Web

Perbedaan-Original-dan-Whatsapp-versi-Web

Untuk mengetahui perbedaan antara versi asli pada ponsel dengan whatsapp versi web, kamu harus memperhatikan beberapa fitur yang terdapat di dalam Whatsapp versi web.

Berikut ini beberapa perbedaan yang bisa kamu temukan di antara kedua Whatsapp.

WhatsApp versi OriginalWhatsApp versi Web
Tidak bisa mengiriman file rarBisa mengirimkan file dalam bentuk rar
Keterbatasan dalam ukuran file yang dikirim sebesar 16 MbFile yang dikirim maksimal 64 Mb
Perlu mengunduh aplikasi melalui Google Playstore atau Iphone StoreBisa langsung dibuka secara langsung melalui browser
Bisa kapan saja aktifDapat aktif jika WA ponsel aktif
Hanya bisa mengirimkan 10 berkas dalam sekali kirimBisa mengirimkan maksimal 30 berkas dalam sekali kirim
Berkas seperti foto dan video, secara langsung akan terkompresBerkas foto dan video yang dikirim tidak akan terkompres dan bisa dikirim dalam bentuk asli
Tidak dapat logout dari WABisa logout melalui pengaturan WA

Fitur Whatsapp versi Web

Keterbatasan yang dimiliki aplikasi WA atau versi web membuat banyak pengembang melakukan modifikasi terhadap aplikasi WA sehingga fitur yang diberikan oleh WA menjadi lebih maksimal.

1. Dapat Mengirimkan File Berbentuk Zip/Rar

Dapat-Mengirimkan-File-Berbentuk-ZipRar

Pada aplikasi Whatsapp resmi, terutama pada versi ponsel, kamu tidak dapat mengirimkan berkas yang berbentuk rar atau zip.

Pada versi ponsel hanya mengizinkan beberapa format tertentu seperti format gambar, format video, dan format txt.

Beberapa pengembang WAresmi memodifikasi fitur WA terutama Whatsapp versi Web sehingga modifikasi ini mampu mengirimkan berkas dalam bentuk zip atau rar.

Sehingga kamu bisa mengirimkan berkas tersebut tanpa kebingungan untuk mengekstrak dahulu.

Baca Juga : Whatsapp Aero

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi kamu untuk mengirimkan berkas dalam bentuk rar atau zip. Kamu cukup drag and drop berkas tersebut pada jendela chat lawan bicaramu dan secara langsung mengirimkannya.

2. Bisa secara Langsung Menggunakannya

Bisa-secara-Langsung-Menggunakannya

Kemudahan kedua yang ditawarkan oleh pihak Whatsapp dalam mengembangkan apliksi versi web adalah kemudahan dalam penggunaannya.

Jika kamu menggunakan WA pada ponsel, kamu harus terlebih dahulu mengunduhnya untuk dapat menggunakannya.

Pada WA versi web, kamu diberikan kemudahan untuk menggunakannya secara langsung dengan cara login melalui situs resmi Whatsapp.

Kamu bisa menggunakan kode QR untuk bisa masuk ke dalam akun Whatsappmu. Selain menggunakannya secara mudah pada situs Whatsapp resmi, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Whatsapp web dan menginstalnya pada PC kamu.

Aplikasi tersebut akan secara langsung menyala ketika kamu menghidupkan atau menggunakan PCmu.

3. Dapat Aktif ketika Ponsel Aktif

Dapat-Aktif-ketika-Ponsel-Aktif

Untuk meningkatkan keamanan bagi para pengguna Whatsapp, para pengembang Whatsapp resmi memberikan fitur terhubung. Fitur ini menyebabkan aplikasi ini dapat aktif jika WA yang kamu gunakan pada ponsel juga aktif.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika seseorang berusaha untuk menggunakan WA mu melalui web dikarenakan Whatsapp versi web hanya aktif jika WA ponsel juga aktif sehingga meningkatkan keamanan akun WA mu.

Aplikasi WA juga memberikan notifikasi kepada ponselmu jika WA mu sedang aktif. Akan ada tampilan komputer pada notifikasi ponselmu yang menunjukkan bahwa Whatsapp versi web sedang aktif.

4. Dapat Logout dan Mengakhiri Sesi dari Ponsel

Dapat-Logout-dan-Mengakhiri-Sesi-dari-Ponsel

Dalam mengembangkan WA, para pengembang WA ini tidak melupakan keamanan yang diberikan pada WA.

Jika pada Whatsapp versi ponsel, kamu tidak dapat keluar dari akun tersebut kecuali kamu menghapus datamu.

Pada WA versi Web, kamu bisa keluar dari akun Whatsapp kamu dengan cara menghapus sesi online melalui pengaturan ponsel WA mu.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika kamu meninggalkan aplikasi WA karena bisa secara langsung logout.

Baca Juga : WhatsApp Plus

5. Mengirimkan Berkas hingga 64 MB dan 30 berkas dalam sekali kirim

Mengirimkan-Berkas-hingga-64-MB-dan-30-berkas-dalam-sekali-kirim

Pada aplikasi Whatsapp resmi, kamu bisa mengirimkan maksimal 10 gambar dalam sekali kirim. Hal ini juga berlaku pada ukuran berkas yang dikirim.

Whatsapp melakukan pembatasan terhadap ukuran berkas hingga 16 MB untuk WA versi seluler.

Atas dasar ini, para pengembang melakukan modifikasi sehingga para pengguna dapat mengirimkan banyak berkas dalam sekali kirim. Pengguna dapat mengirimkan berkas sebanyak 30 dalam sekali kirim.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan berkas dengan ukuran 64MB sehingga kualitas dari berkas yang dikirimkan sesuai dengan format aslinya. Selain itu, kamu juga tidak akan kebingungan jika mengirimkan berkas yang cukup besar.

6. Berkas yang dikirim tidak terkompres

Berkas-yang-dikirim-tidak-terkompres

Kekurangan yang dimiliki oleh Whatsapp resmi adalah berkas yang telah dikirim akan terkompresi secara otomatis sehingga kualitas berkas yang dikirim akan menurun dan tidak seperti kualitas berkas asli.

Pada aplikasi WA versi web berkas yang dikirimkan tidak akan mengalami kompresi sehingga berkas yang dikirimkan memiliki kualitas yang sama antara berkas yang dikirim dan diunduh melalui aplikasi WA versi web.

Download Whatsapp Versi Web

Nama AplikasiWhatsapp Web
Ukuran3 MB
Upload08 Maret 2018
HargaGratis

Baca Juga : Whatsapp Sniffer

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara-Menggunakan-Whatsapp-Web
  • Unduh aplikasi Whatsapp versi web menggunakan tautan yang telah diberikan
  • Tunggu proses unduhan hingga selesai pada Whatsapp
  • Klik kanan pada installer Whatsapp dan pilih run as administrator
  • Klik next dan ikut petunjuk hingga proses instalasi selesai
  • Setelah proses unduhan selesai, klik dan lakukan instalasi hingga selesai
  • Masuk ke dalam aplikasi WA dan pilih tiga titik ke bawah
  • Pilih menu pada aplikasi WA dan lakukan pemindaian barcode

Menggunakan Whatsapp versi web memang memiliki banyak keuntungan terutama pada kemudahan penggunaannya. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa secara langsung menggunakan PC atau menggunakan ponsel.

Untuk menggunakan WA versi web, semua perangkat harus terhubung secara aktif dikarenakan Whatsapp versi web tidak akan berjalan jika aplikasi WA utama tidak aktif. Inilah yang menjadi kelemahan dari WA versi web.

You might also like