Inilah 7 Standar Ukuran ID Card Yang Pasti Dapat Digunakan

Kali ini kami akan memberikan berita mengenai Standar Ukuran ID Card. Untuk sekarang ini penggunaan Name Tag rasanya sudah menyeluruh ada di beberapa perkantoran. Untuk ukuran ID Card pun bermacam-macam jenisnya, dan juga setiap perusahaan tidak semuanya sama.

Apalagi di tempat kerja yang jumlah karyawannya tidak sedikit. Akan sulit jika karyawan atau orang lain tidak bisa mengenali wajah karyawan jika tidak memakai tanda pengenal semacam ini. ID Card adalah suatu tanda identitas diri di suatu tempat kerja berfungsi orang akan mengenali identitas si penggunanya tersebut.

Untuk ukuran ID Card di setiap negara berbeda-beda ukurannya, ID Card di Indonesia seperti ukuran ID Card KTP mempunyai masing-masing standarnya. Jika kalian pernah diminta untuk membuat ID Card pada suatu Event kalian harus lihat ukurannya ketika ingin membuat, seperti yang kami kutip dari resonansi.id

Saat ini ID Card atau kartu tanda pengenalan menjadi suatu benda yang selalu dimiliki setiap orang mulai dari anak-anak, pelajar, hingga orang dewasa. Hal seperti ini disebabkan karena pentingnya suatu tanda pengenal, serta besarnya peran yang dimiliki.

Berikut ini adalah referensi buat kalian ukuran dalam membuat ID Card.

Beberapa Fungsi Umum Standar Ukuran ID Card

Beberapa Fungsi Umum Standar Ukuran ID Card

Bukan hanya untuk digunakan sebagai tanda pengenal saja, Standar Ukuran ID Card juga mempunyai fungsi didalamnya. Seiring berjalannya waktu dengan kemajuan teknologi tentu saja identitas juga mengalami perkembangan yang lebih modern. Baik dari segi tampilan, ukuran, bentuk, maupun harga.

Kesan Lebih Formal

Pada saat mendapatkan suatu tugas untuk menghadiri kunjungan kerja ke suatu Event. Bertemu klien atau rapat dengan bos, biasanya ID Card bisa menunjukkan kesan formalitas bagi pemakainya. Maka dari itu pada beberapa perusahaan memakai tanda pengenal menjadi suatu kewajiban.

Memang tidak semua perusahaan menggunakan tanda pengenal. Tetapi hal ini diartikan agar tidak salah mengenali setiap orang yang bekerja pada perusahaan tersebut. Misalkan kalian sedang ada janji pada klien dari perusahaan lain, pada saat pertemuan bisa mengenali klien tersebut dengan tanda pengenal yang mereka pakai.

Membuka atau Menutup Akses Kantor

Selain digunakan sebagai absensi dan tanda pengenal karyawan sekarang juga banyak digunakan untuk akses ke luar masuk kantor, atau dalam suatu Room. Contohnya di rumah sakit, perlu memakai ID Card agar mengetahui mana karyawan dan mana pasien.

Walaupun di Indonesia sendiri masih sangat jarang ditemukan, tetapi ada beberapa perusahaan yang sudah memakai sistem ini. Agar setiap orang tidak sembarang orang bisa masuk kedalamnya, harus ada pendamping dari pihak berwenang dan karyawan dari tempat tersebut.

Presensi Karyawan

Dahulu ID Card hanya bisa digunakan untuk tanda pengenal saja. Tetapi sekarang banyak perusahaan yang memakai tanda pengenal juga sebagai suatu presensi karyawannya. Hal ini disampaikan sebagai mana yang dijelaskan pada situs media tcash.id.

Dimana ID Card harus di tap kan dahulu pada mesin absensi agar sesuai dengan pin yang diberikan perusahaan, supaya mesin bisa mendeteksinya. Untuk itulah penggunaan ID Card sekarang ini menjadi fungsi yang penting dan krusial bagi para karyawan tersebut.

Jika karyawan mendapati keluar kantor pada saat jam kerja, bisa-bisa akan dianggap alfa jika tidak membawanya. Karenanya desain dari ID Card juga dibuat lebih menarik agar para pegawai tertarik memakainya.

Sesuai dengan penggunaanya dan pemanfaatannya, maka untuk dimensi Size ID Card satu dan yang lainnya sedikit berbeda. Sebagai bahan referensi kalian dalam membuat suatu ID Card untuk kepentingan tertentu.

Berikut ini adalah informasi mengenai detail ukuran ID Card karyawan.

Ukuran dalam mm, Ukuran dalam cm dan Penggunaan.

  • 85,60 x 53,98 mm (Standar ISO ), 8,56 x 5,39 cm, KTP, KTP Elektronik, ATM, kartu pengenal PNS, kartu debit.
  • 90 x 53 mm, 9,0 x 5,3 cm, Kartu nama pribadi, kartu nama perusahaan, kartu pelajar
  • 105 x 74 mm, 10,5 x7,4 cm, Name Tag, Kartu Panitia

Klasifikasi Penggunaan ID Card dan Name Tag

Tidak semua ID Card atau Name Tag memiliki dimensi ukuran yang sama, untuk menyesuaikan dengan fungsi dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari. Jika diterapkan berdasarkan bahan kertas yang digunakan, maka ID Card memiliki detail sebagai berikut ini :

Standar Ukuran ID Card Tipe B1

Kertas ini tergolong luamayan kecil di seri B, dengan detail ukuran 10.2 cm x 6.5 cm. Jenis kertas B1 sering dijadikan untuk mencetak kartu panitia di dalam satu Event yang disandingkan dengan tali lanyard.

Standar Ukuran ID Card Tipe B2

Untuk detail ukuran kertas ini adalah 12.6 cm x 7.9 cm, biasanya kertas ini dijadikan untuk membuat kartu panitia, yang menampilkan detail gambar dan tulisan yang lebih detail karena ukurannya sedikit lebih besar.

Standar Ukuran ID Card Tipe B3

Kertas ukuran ID Card B3 yaitu 12.6 cm x 9.5 cm, biasannya lebih sering digunakan pada Event atau acara yang bersifat eksekutif. Seperti pada acara yang digelar di perusahaan, atau kartu keanggotaan pada sebuah kantor perusahaan.

Standar Ukuran ID Card Tipe B4

Ukuran dari B4 yang asli kertasnya yaitu 13.5 cm x 9.5 cm, sementara untuk plastik yang melindungi kertas B4 berukuran 15 cm x 10.5 cm. Data ini kami dapatkan melalui website psstore.id.

Standar Ukuran ID Card Tipe A1

ID Card seri yang ini mempunyai Size 10 cm x 6.8 cm yang biasanya dipakai dalam bentuk landscape atau mendatar.

Pemanfaatannya juga tentu berbeda dengan ID Card yang dipotrait, sehingga lebih dimanfaatkan sebagai suatu kartu identitas yang disimpan dan bukan untuk dipajang sebagai atribut.

Standar Ukuran ID Card Tipe A2

Tidak jauh berbeda dengan kertas ID Card tipe A1, untuk ukuran dari A2 lebih panjang dan lebar dari kertas ini adalah 10.6 cm x 8.2 cm.

Penggunaannya justru sama saja, yaitu sebagai kartu pengenal atau identitas organisasi tertentu dengan bentuk yang standar.

Cara Membuat Ukuran Standar ID Card dan Name Tag

Jika kalian ingin menggunakan ukuran ID Card, tentu dalam membuat ID Card atau Name Tag ada beberapa langkah yang harus kalian terapkan secara sistematis di antaranya sebagai berikut :

Membuat Tampilan Desain

Sebelum mengatur ukuran, sebaiknya kalian harus membuat tampilannya dahulu, mulai dari pemilihan font yang dipakai, warna, hingga foto.

Ada banyak aplikasi desain yang bisa kalian dapatkan untuk dipakai seperti, Canva, Photoshop, atau Coreldraw.

Masukkan Foto

Pilihlah foto formal terbaik kalian dengan ukuran dan kualitas yang cukup baik, hal ini untuk menghindari gambar foto yang Noise atau pecah akibat resolusi fotonya yang terlalu kecil.

Setelah foto terbaik kalian sudah dipilih, kalian juga bisa langsung meletakkannya pada aplikasi desain yang kalian gunakan.

Menyesuaikan Ukuran

Agar kalian dapat menyesuaikan ukuran sebaiknya kalian memakai pengaturan aplikasi untuk menyesuaikan ukuran ID Card yang diinginkan jenisnya. Namun, jika kalian ingin mencetak ID Card dalam jumlah yang banyak di satu kertas ukuran besar, maka sesuaikan tampilan yang sudah jadi menggunakan Microsoft Word.

Caranya, Copy desain ID Card pada halaman Word, lalu klik kanan dan pilih pengaturan Size, lalu tulis ukuran yang kalian inginkan, tekan OK. Dengan kalian mengetahui ukuran ID Card secara umum, maka kalian bisa membuat kartu tanda pengenal sendiri dengan melalui banyak aplikasi desain yang ada.

Sementara besarnya bisa kalian sesuaikan dengan jenis ukuran standar yang kalian inginkan. Maka dari itu, sebelum kalian memutuskan untuk membuat ID Card, maka ukuran adalah hal pertama yang wajib kalian ketahui sebelumnya.

Penutup

Demikianlah perjumpaan kita kali ini mengenai Inilah 7 Standar Ukuran ID Card Yang Pasti Dapat Digunakan. Semoga berita yang kami bagikan bisa membantu kalian untuk membuat ID Card sendiri. Bahkan jika kalian bisa membuat ID Card atau Name Tag sendiri bisa kalian gunakan untuk membuka jasa pembuatan.

Jika kalian ingin mengetahui Update terkini mengenai Teknologi kalian bisa mengunjngi Website kami yaitu slodownia.com, terimakasih dan sampai jumpa.

Originally posted 2022-06-13 07:28:02.