Contoh Kalimat Penolakan

Dalam hidup ini tentunya kalian pernah menolak akan suatu hal, yang tidak sesuai dengan apa yang kalian inginkan, bukan? Bentuk penolakan yang kalian utarakan dalam mata pelajaran B. Indonesia disebut sebagai contoh kalimat penolakan.

Di pertemuan kita kali ini, Slodownia.com akan memberikan materi pembelajaran mengenai pengertian, ciri – ciri, jenis – jenis, dan contoh kalimat penolakan kepada kalian semua. Mari kita simak uraian dari materi yang ada dibawah ini.

Pengertian Kalimat Penolakan

Kalimat penolakan merupakan salah satu jenis kalimat yang diungkapkan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah penolakan atau ketidaksetujuan terhadap suatu gagasan, ide, keputusan maupun pendapat orang lain. Jenis dari kalimat ini umumnya muncul ketika sedang berdiskusi.

Umumnya, kalimat penolakan ditandai dengan penerapan kata “kurang setuju”, “tidak setuju”, “tidak sejalan”, maupun “tidak sependapat”. Meskipun berisikan sebuah penolakan, kalimat ini harus diucapkan dengan cara yang sopan.

Baca Juga : Contoh Kalimat Perintah

Agar kalimat penolakan memiliki kesan yang sopan Kita bisa menambahkan kata “mohon maaf”, “maaf”, “mohon izin”, dan masih banyak lagi di dalam kalimat penolakan tersebut.

Contoh Kalimat Penolakan

Contoh Kalimat Penolakan

Setelah kita mengetahui definisi dan juga ciri-ciri dari Kalimat Penolakan teks prosedur. Berikut ini akan disampaikan juga uraian mengenai Contoh Kalimat Penolakan yang sopan dalam diskus di sekolah ataupun di lingkungan, diantaranya adalah :

  1. Saya kurang setuju apabila perilaku yang dilakukan anak merupakan tanggung jawab dari anak itu sendiri, sebab hal itu hasil dari didikan kedua orang tuanya.
  2. Maaf, tapi aku kurang setuju dengan cat yang kamu pilihkan untuk bangunan kantor kita.
  3. Pendidikan tidak menjadi penghambat untuk kesuksesan karir seseorang, saya tidak setuju apabila ada yang engatakan demikian.
  4. Pendapat yang saya sampaikan tidak sejalan dengan perinsip dari suku pulau ini.
  5. Pengeluaran dana yang digunakan untuk membuat sumur resapan di tiap rumah terlalu mahal, saya tidak setuju dengan iuran dana terebut.
  6. Maaf, saya tidak setuju apabila waktu untuk beribadah di kantor hanya diberikan selama 5 menit.
  7. Hasil keputusan dari musyawarah kemarin sangat jauh berbeda dengan apa yang telah saya pikirkan.
  8. Seorang anak wajib tumbuh kembang di dalam lingkungan yang selalu berkecukupan. Saya kurang setuju, mengenai pendapat tersebut.
  9. Aku kurang setuju jika ayah memutuskan untuk menikah dengan wanita yang usianya sama dengan ku.
  10. Saya kurang setuju apabila perjalanan mudik memakai bus justru menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.
  11. Saya tidak sependapat dengan ide yang disampaikan oleh ketua Organisasi dalam rapat kemarin malam.
  12. Hasil musyawarah dalam ruang OSIS kemarin tidak sejalan dengan pemikiran saya, namun sudah tidak perlu untuk dipemasalahkan lagi.
  13. Saya kurang setuju apabila isu mengenai radikalisme dijadikan sebagai alasan untuk melakukan tindakan tidak sesuai dengan aturan oleh pihak berwajib.
  14. Saya tidak setuju apabila ada yang mengatakan bahwa Bung Karno dan juga Bung Hatta merupakan satu-satunya pahlawan yang harus dihormati. Sebab, masih banyak para pahlawan perjuangan kemerdekaan yang ikut berjuang bersama mereka.
  15. Penghapusan dari Kurikulum 2013 tersebut tidak sesuai apa yang saya pikirkan.
  16. Mohon maaf, jika saya masih belum menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan tepat waktu.
  17. Kami tidak sependapat dengan ide yang Bapak Kepala Desa berikan terkait dengan acara peringatan HUT RI ke 76.
  18. Saya kurang setuju dengan opini dari warga desa mengenai masa depan seorang wanita. Karena setiap wanita memiliki hak dan kesempatan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dan menentukan masa depan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
  19. Saya sangat tidak setuju apabila rumah ini sampai harus terjual.
  20. Mohon maaf, kami tidak dapat mengikuti keinginan dari para klien guna menunda waktu shalat.

Baca Juga : Contoh Kalimat Teknis

F.A.Q

Apa itu Kalimat Penolakan?

Kalimat penolakan merupakan salah satu jenis kalimat yang diungkapkan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah penolakan atau ketidaksetujuan terhadap suatu gagasan, ide, keputusan maupun pendapat orang lain.

Apa ciri-ciri dari Kalimat Penolakan?

Umumnya, kalimat penolakan ditandai dengan penerapan kata “kurang setuju”, “tidak setuju”, “tidak sejalan”, maupun “tidak sependapat”. Meskipun berisikan sebuah penolakan, kalimat ini harus diucapkan dengan cara yang sopan.

Ciri-ciri dari Kalimat Penolakan yang sopan adalah?

Agar kalimat penolakan memiliki kesan yang sopan Kita bisa menambahkan kata “mohon maaf”, “maaf”, “mohon izin”, dan masih banyak lagi di dalam kalimat penolakan tersebut.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, mengenai Kalimat Penolakan. Semoga materi kali ini bermanfaat ya sobat. Selalu tunggu perkembangan dari website Slodownia.com. Terimakasih

You might also like