Contoh Cerpen Singkat

Posted on

Contoh Cerpen Singkat – Cerita pendek atau yang disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk karangan atau cerita yang memiliki alur cerita sangat padat dan bahkan cerita tersebut langsung menuju pokok pembahasan.

Selain alur cerita yang sangat padat, cerpen juga memiliki ciri khas penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Contoh Cerpen Singkat Terbaik

Pada kesempatan ini kami telah mengumpulkan beberapa contoh cerpen terbaik dan menarik untuk mengisi waktu luang Anda dari sebuah website materi.carageo.com.

Sebelum membaca contoh cerpen singkat, mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian dan ciri-ciri cerpen di bawah ini.

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan sebuah jenis karya sastra yang menjelaskan kisah atau cerita mengenai seluk-beluk sifat manusia melalui tulisan atau cerita singkat.

Di sisi lain cerpen cerpen memiliki arti karangan fiktif yang berisi tentang kehidupan seseorang, dan di tuangkan secara ringkas dan singkat melalui cerita yang berfokus pada satu tokoh saja.

Ciri-Ciri Cerpen

  1. Memiliki alur atau jalan cerita yang lebih pendek dibanding novel
  2. Jumlah kata yang digunakan tidak lebih dari sepuluh ribu kata
  3. Isi dari cerita berdasarkan kehidupan sehari-hari
  4. Kisah para tokoh tidak digambarkan seluruhnya, hanya inti dan pokok saja yang digunakan dalam cerita.
  5. Terdapat permasalahan atau konflik pada tokoh utama disertai penyelesainnya.
  6. Bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.
  7. Pesan yang disampaikan dari cerita memiliki kesan yang sangat mendalam.
  8. Hanya menceritakan satu buah kejadian.
  9. Alur cerita konstan atau lurus.

Contoh Cerpen

Motivasi

Hari minggu merupakan hari libur yang dapat membuat sebagian orang malas untuk beraktifitas. Ada orang yang memilih untuk pergi berlibur dan ada pula yang memilih hanya rumah saja untuk melepas lelah.

Begitu pula yang dialami oleh Pani, ia memilih untuk diam dan santai dirumah saja. Hingga akhirnya hari Minggu telah terlewati dan Pani masih belum siap beraktivitas kembali disekolah.

Ibu Pani bertanya kepadanya “dik, apakah kamu tidak pergi ke sekolah? Ini sudah siang loh. Nanti kamu telat”. ucap ibunya.

“Aku masih lelah Bu. Tidak masuk sehari saja mungkin tidak masalah. Lagian disekolah tidak ada PR dan kok Bu”

“jangan seperti itu dik, sekolah itu bayar loh Dik, jangan sepelekan menuntut ilmu” jawab ibunya pani.

“Sudahlah bu tidak apa-apa, aku masih ngantuk dan mau melanjutkan tidur”.

Melihat tingkah anaknya, ibu Pani pun menjadi kesal dan segera mengajak anaknya pergi ke sebuah tempat.

Ibunya mengajak Pani pergi ke sebuah panti asuhan yang dipenuhi oleh anak-anak dengan latar belakang berbeda-beda.

“Dik, lihatlah mereka, mereka sudah tidak mempunyai orang tua yang mampu membiayai sekolahnya padahal mereka juga pasti ingin sekolah” Tegas ibunya kepada Pani.

Kemudian ibunya mengajak Pani menghampiri suatu tempat lagi, disana terdapat anak-anak yang sedang mengamen di jalanan.

“Lihatlah mereka, mereka sampai mengemis untuk mendapatkan uang. Hanya untuk mendapatkan makanan saja mereka harus bersusah payah, belum lagi untuk biaya sekolah mereka”. Jelas ibunya.

Kemudian Pani sadar hingga akhirnya Ia mau pergi ke sekolah walaupun ia terlambat. Ibunya mengantar Pani pergi ke sekolah. Saat perjalanan menuju sekolah, Pani melihat seorang anak yang berjalan pincang.

“Alangkah beruntungnya aku ini, Aku memiliki fisik sempurna tetapi mengapa aku bermalasan-malasan untuk ke sekolah. Sedangkan mereka yang tidak sempurna saja bisa semangat seperti itu”. Gumam Pani dalam hati.

Lucu

Suatu pagi Ria sedang berjalan di sekolah bersama sahabatnya Lisa, sembari berjalan melalui lorong kelas, Ria bertanya kepada Lisa.

“Sa, menurut kamu tipe wanita idaman Tomi itu seperti apa ya ?”

Sambil tersenyum Lisa menjawab pertanyaan Ria. “Seperti apa ya? setahu aku tipe wanita idaman Tomi tidak terlalu muluk-muluk. Karena yang aku tahu, dia lebih suka sama wanita yang natural”.

“Oohh begitu ya, berarti dia gak suka sama wanita yang hobi dandan ya?” Sambut Ria dengan wajah kegirangan.

“Ya kira-kira seperti itu”

“Terus bagaimana caranya agar wajah tetap cantik walaupun tidak pakai makeup ya ?” tanya Ria kembali.

“Coba kamu gunakan masker bengkuang dan scrub gula pasir agar bibir kamu terlihat merah merona gitu” Sambut Lisa.

“Wah ide yang bagus itu, nanti malam aku mau coba deh sa”

Selama beberapa hari Ria menerapkan ide-ide yang diberikan oleh Lisa, Ria pun senang karena wajahnya mulai terlihat lebih cerah dan berseri.

Bekas jerawat di wajah Ria pun sudah mulai agak menghilang.

Masker Bengkuang dan Scrub gula pasir tersebut tidak pernah lupa ia gunakan terlebih seminggu lagi ada acara pensi disekolahnya.

Pada acara ini Ria ingin bertemu Tomi dan dia harus tampil dengan wajah cantik dan mempesona untuk menarik perhatian Tomi, Lelaki idamannya.

Persahabatan

“San, ada Yuni tuh di depan rumah mau bertemu kamu katanya, temuin dulu gih. Dia sudah nungguin kamu dari tadi” Sahut Novi kepada Santi yang sedang asik mengerjakan tugas sekolah.

“Bi Ijah, bilang saja aku sedang tidak ada, aku sedang keluar rumah atau cari alasan lain saja gitu”. Pinta Santi kepada Bi Ijah yang sedang bekerja di rumahnya.

“Baik, Non”

“Mengapa kamu seperti itu sama Yuni ? Dia kan telah datang jauh-jauh, kok kamu malah seperti itu? Yuni itu anak yang baik Loh San”

“Iya dia terlihat anak baik dari luarnya, manis dan juga ramah. Apa hanya seperti itu saja kamu menilai sifat seseorang? Dia dari luar terlihat manis namun dalamnya tuh teras pahit”

“Pahit bagaimana maksudnya?”

“Yuni itu dibelakang orangnya sering menceritakan keburukan temannya sendiri. Banyak deh pokoknya, sulit aku menjelaskan ke kamu”.

“Yuni berbeda dengan kamu, kalau kamu terlihat judes dan suka ngomong ceplas-ceplos sama aku. tetapi hatimu itu tulus Vi, Tidak seperti Yuni yang hanya baik di luarnya saja tapi busuk didalamnya. Aku tidak membutuhkan teman yang seperti itu” tegas Santi.

Demikian Contoh yang dapat rangkum dan kami sampaikan, semoga Contoh Cerpen singkat diatas dapat memberi manfaat untuk kalian semua.

Baca Juga :